Friday, February 8, 2019

4 perkara yang sering dilupakan kecuali oleh 4 perkara

4 Perkara yang sering di lupakan kecuali oleh 4 perkara

4 perkara yang sering di lupakan kecuali oleh 4 perkara

imam Al'ghazali pernah berkata, dalam hidup manusia sering kita melupakan 4 perkara kecuali oleh 4 perkara.. apakah 4 perkara tersebut :

1. Umur oleh mereka yang telah mati

tidak di mengerti arti pentingnya umur kecuali oleh orang yang telah mati.. 
kita terkadang lupa akan pentingnya umur yang Allah berikan, sering kali lupa untuk apa umur yang kita terima ini. padahal Allah menciptakan dunia dan isinya hanya untuk bersujud kepadanya. umur yang kita nikmati ini adalah hadiah yang harus kita terima dengan beribadah kepadanya.. 
jangan pernah lupa sahabat. ada ribuan orang yang telah mati dan setiap harinya memohon kepada Allah untuk kembali hidup hanya untuk bertaubat kepadanya.. 

2. Kesehatan oleh mereka yang sakit

kesehatan adalah berkah &  hadiah yang tiada terhingga..
kita sebagai manusia sering kali lupa akan ibadah saat kita sehat.. dan seringkali teringat akan taubat saat kesehatan itu di ambil dari tubuh kita.. padahal kita semua tau kalau kesehatan itu adalah kunci utama dalam kita beribadah. 

3. Masa muda oleh mereka yang tua

masa muda adalah masa yang sangat indah dalam menjalani segala hal. namun kita sering kali lupa akan taubat saat kita masih muda, padahal masa mudalah yang sangat efektif dalam menjalani berbagai ibadah. seharusnya masa muda inilah yang harus kita pergunakan untuk menuntut ilmu agama, mempelajari hal hal yang di pergunakan untuk menjalankan ibadah kita kepada Allah.. masa muda sangat dirindukan oleh mereka yang sudah tua.  orang tua seringkali mengatakan dan menyesali saat saat mereka muda.  mereka lalai dengan masa mudanya.. 

4. kaya oleh mereka yang fakir/miskin

kekayaan yang di maksud dalam islam bukanlah kaya yang melimpah ruah. kaya yang di maksud disini adalah sebatas kita mampu dalam kehidupan sehari hari.. setelah kebutuhan sehari hari kita terpenuhi sisanya di anggap sebagai kekayaan.. nah kekayaan tersebut hendaknya di sedekahkan kepada mereka mereka yang membutuhkan. kekayaan yang kita terima adalah titipan dari Allah..  anak dan harta yang kita terima adalah kekayaan titipan dari Allah. hendaknya kekayaan itu kita pergunakan di jalan yang bisa membantu kita nanti saat kita meninggalkan dunia ini.. anak hendaknya kita bimbing menjadi anak yang saleh. kekayaan hendaknya kita gunakan di jalan Allah, kita sedekahkan ke mereka mereka yang membutuhkan.. 

Demikianlah sahabat.. 4 hal yang sering kita lupakan sebelum kita melewatinya..  
semoga apa yang di katakan oleh imam Al'ghazali tersebut bisa membuka mata dan hati kita untuk kembali ke jalan Allah, dan semoga Allah memberikan Hidaya kepada kita semua..  AMIN
Walla'hualam.... 

No comments:

Post a Comment

1000 resep masakan LELE PENYET dapur bunda.

LELE PENYET ikan lele adalah salah satu ikan favorit dan mudah di cari di indonesia..ikan ini kaya akan lemak jenuh..  jadi jgn terlalu b...